Kerja: Seleksi PT. Paxel.co yang Dua Hari Jadi

Setelah merenung terus-menerus sekaligus meratapi nasibku di seleksi-seleksi kerja lanjutan yang belum sampai jadi pekerjan yang bertahan sekarang, hm... ya sudah aku cerita lagi tentang proses rekrutmen di salah satu perusahaan start-up yakni paxel.co. 

Bagi pelaku ekonomi di bidang makanan terutama frozen food pasti telah mengenal jasa pengiriman same day delivery service ini. Biasanya juga ada di kota-kota besar seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Medan, Makassar. Oh ya, kalau mau kepo lebih lanjut bisa kilk di sini. Aku melamar sebagai customer success buat PH di Kediri yang akan buka bulan depan. Yapski, PH Kediri termasuk branch baru yang digarap buat awal tahun ini (2021). Jadi proses selesi ini terjadi pada sekitar pertengahan bulan Desember 2020. 

Kenapa judulku dua hari jadi? Ya karena proses seleksinya memang hanya dua hari. Sehari awal, ada sekitar 40an orang buat psikotes, terus baru diumumin tuh kandidat yang lolos ke tahap selanjutnya di malam hari sekaligus mengumumkan bahwa besok akan ada proses interview HRD. 

Di interview HRD, ada sekitar 20an orang. Interviewnya berlangsung cepat pakai google meet ya, jadi dilakukan di rumah masing-masing. Kalau wawancara HRD ini lebih ke background kita sih nanyainnya oh ya sama alasan kenapa tertarik kerja di Paxel?. Nah, di tengah-tengah wawancara itu panitia yang bertugas buat seleksi juga memberikan informasi bahwa kita harus stay tune seharian karena interview user 1 dan 2 bakal dilakukan hari itu juga. Capek gak tuh? capek gak tuh, nunggu? (Belum pernyataan yang lain yang membuatku nunggu aja hehehe) 

Tapi buat interview HRD ke user 1 gak begitu lama, cuma pengumuman ke user 2 itu yang lama. Kalau pertanyaan user tentu saja berkaitan dengan pelayanan di Paxel ya. Pertanyaannya seputar itu. Waktu itu, user 1 masih pegawai Paxel kantor pusat (kayak kepala HRD gitu). Terus penyisihan sampai di user 2 itu ada sekitar 3 orang aja. Alhmadulillah aku sampai di tahapan user 2. Sebelumnya aku menanyakan di interview HRD jumlah kandidat yang diterima. Jumlah yang diterima yakni 2, karena nanti sistem kerjanya shift jadi paling tidak harus ada  2 orang. Tentu saja waktu itu aku membatin,"wah, masih ada kesempatan". 

Ternyata interview user 2 aku dapat jatah jam 20.30. Dan hmmm.... ini adalah waktu interview paling malam yang pernah aku lakukan selama menjelajahi satu interview ke interview lain. Tapi ya willinilly  harus kujalani. User 2 pertanyaannya hampir mirip dengan user 1. Oh ya, tiap kali interview kita tentu saja disuruh perkenalan ya. Hehe... jobseeker pasti pada paham kan tentang ini?. Di akhir interview user 2, aku menanyakan kapan pengumumannya? Ternyata bakal diumumkan secepatnya. Iya, malam itu juga. 

Sebelumnya, karena antar interview user 1 dan 2 yang lama aku saling chat ke kandidat lain. Hal itu aku lakukan daripada aku menduga-duga kejelasan seleksinya. Untungnya, kandidat lain yang menunggu hasilnya pun sepaham denganku. Hingga pada akhirnya kita saling berkabar. Malamnya sampai aku ngantuk setelah interview aku lagsung tidur. Lupa kalau pengumumannya harusnya hari itu. 

Baru keesokan harinya, aku chat ke kandidat yang lolos sampai user 2 menanyakan apakah mereka yang diterima karena aku tidak mendapatan kabar via WhatsApp. Tentu saja aku sudah pasrah ya. Benar saja, katanya masih ada interview lanjutan setelah aku chat ke kandidat lain. Ada 2 orng yang diharuskan ke kantor paxel Kediri melakukan wawancara langsung dengan owner. Setelah tahu hasil tersebut, aku semakin yakin bukan aku kandidat yang terpilih. Yups! Sudah ada 2 kandidat di sana, artinya mereka berdua lolos. 

Oh o, oh no, oh no no no no! Karena aku yang merasa perlu tahu kejelasan seleksi tersebut, aku masih bersilaturahmi dengan salah satu kandidat yang lolos. Aku jadi tahu kalau saja ternyata hanya dia saja yang bekerja sebagai customer success sedangkan 1 kandidat lain yang sampai wawancara dengan ownernya itu tidak jadi partnernya di PH Kediri. Ternyata, satu orang lain itu adalah satu-satunya kandidat laki-laki yang kutahu pun tak ada disebut namanya waktu pengumuman wawancara user 1. Halah ya sudahlah. 

Dua mingguan setelah proses seleksi itu, benar saja diumumkan 2 nama yang lolos di grup awal sebelum interview user. Setelah mengucapkan selamat, aku keluar dari grup. Tak berapa lama kemudian, aku langsung di chat WA sama HRD yang wawancara pertama bilang "Santi keep in touch ya, kami ada planning buka cabang di mojokerto, oke kemungkinan di kuartal 1 2021". Wah angin segar ya, waktu itu sih. Kalau sekarang obrolan di chat WhatsApp itu tak bisa dipertanggungjawabkan. La wong yang memberi harapan saja pindah tempat. Aku gak kesal kok, ya semoga saja ada kesempatan yang memang lebih baik bagiku setelah melewati seleksi ini. 

Ya teteup, teteup semangat! Jangan semangat mati tapi :') Atau jangan juga semangat karena punya privilege yang bisa sewaktu-waktu kamu andalkan. 

Comments

Tidak Ada Salahnya Tertarik Bahan Bacaan Lain ��