Dunia Harus Tahu: Pada Suatu Hari Aku Akan Lupa

Kesempatan kali ini kusisihkan untuk kembali mengulang masa lalu. Masa kanak-kanank, ketika aku pun telat mengetahui lagu-lagu anak. Akhirnya, aku tak lupa lagi untuk menuliskan ini. Beberapa lirik lagu anak-anak yang masih kuingat. Iya, sebelum kulupa dan semuanya sirna begitu saja. Sayangnya, lagu-lagu di sini kutak tahu judul dan pengarangnya, juga belum bisa ada versi audionya. Jadi yang kumaksud sebenarnya di sini adalah lirik lagu, nanti kaau ketemu aku boleh tanya nadanya bagaimana. Hehe.. Selamat bernostalgia, membaca atau dengan mendendangkan.

1.
Kakek memang sudah tua
Tapi banyak cerita
Cerita tentang Ibu Ayah
Aku sayang padanya

2
Satu dua tiga dan empat
Lima enam tujuh delapan
Kalau sakit minumlah obat
Badan sehat riang gembira

3
Jika ku sekolah nanti
Aku berangkat sendiri
Berjalan berhati-hati
Di tepi sebelah kiri

4
Satu dua tiga empat
Lima enam tujuh delapan
Siapa rajin bersekolah
Cari ilmu sampai dapat
Sungguh senang amat senang
Bangun pagi-pagi sungguh senang

5
Jangan buang kulit pisang sembarangan
Di halaman ada keranjang kotoran
Bila adik yang baru dapat berjalan
Menginjak kulit pisang di kaki kanan
Adik jatuh menangis berulang-ulang
Karena salah si pembuang kulit pisang
Adik jatuh menangis berulang-ulang
Karena salah si pembuang kulit pisang

6 (Bintang Kejora)
Kupandang langit penuh bintang bertaburan
Berkelap-kelip seumpama intan berlian
Tampak sebuah lebih terang cahayanya
Itulah bintangku bintang kejora yang indah selalu
Itulah bintangku bintang kejora yang indah selalu

7 (Dahlia)
Segar berhamburan
Sepanjang tepian mandi
Bunga pegunungan
Hiasan alam murni
Dahlia berseri mewangi
Di sanggul remaja puteri
Dahlia pegunungan
Suntingan gadis wilis giri

8 (Mandi Pagi)
Di bawah sinar matahari pagi
Wajah berseri-seri
Riang gembira anak desa mandi
Di sungai jernih suci
Lihatlah lihat embun pagi hari
Menghias bunga melati
Menari-nari bersinar berseri
Menyambut pagi hari
https://www.youtube.com/watch?v=g1TTsZlpHA4

9. (Bintang Kecil)
Bintang kecil di langit yang tinggi
Amat banyak
Menghias angkasa
Aku ingin terbang dan menari
Jauh tinggi
Ke tempat kau berada

10. (Abang Tukang Bakso)
Abang tukang bakso
Mari-mari sini aku mau beli
Satu mangkok saja dua ratus perak yang baksonya
Tidak pakai saos tidak pakai sambal juga tidak pakai kol
Bakso bulat seperti bola pingpong
Kalau lewat membikin perut kosong
Jadi anak janganlah suka bohong
Kalau bohong digigit nenek ompong

11. (Lagu yang Gembira)
Lagu yang gembira
Lagu yang gembira
Mengalun merdu
Lagu yang gembira
Lagu yang gembira
Mengalun s'lalu
Bermain dan belajar setiap waktu
Ayah Ibu dan saya bahagia selalu
(Hahaha ini lagu ciptaan Papa lo)

12. (Aku Anak Indonesia)
Aku Anak Indonesia
Anak yang merdeka
Satu nusaku satu bangsaku satu bahasaku
Indonesia .. Indonesia
Aku bangga menjadi anak Indonesia
Pending di khatulistiwa
Tanahku Indonesia
B'ribu pulaunya ragam sukunya
Satu jiwa raganya
Indonesia ... Indonesia
Aku bangga menjadi anak Indonesia
https://www.youtube.com/watch?v=GTw_ExsttFU

13 (Nina Bobo)
Nina bobo oh nina bobo
Kalau tidak bobok
Digigit nyamuk

14
Cicak-cicak di dinding
Diam-diam merayap
Datang seekor nyamuk
Hap! Lalu ditangkap

15
Tik tik tik
Bunyi hujan di atas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua

16
Di timur matahari mulai bercahaya
Bangun dan berdiri kawan semua
Marilah mengatur barisan kita
Pemudi pemuda Indonesia

17
Burung kakaktua
Hinggap di jendela
Nenek sudah tua
Giginya tinggal dua
Trek jing trek jing trek jing
Lalala
Trek jing trek jing trek jing
Lalala
Trek jing trek jing trek jing
Lalala
Burung kakaktua

18
Lihat kebunku penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari kusiram semua
Mawar melati semuanya indah

19
Ayo kawan kita bersama
Menanam jagung di kebun kita
Ambil angkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu
Cangkul cangkul cangkul yang dalam
Tanah yang longgar jagungu tanam
Beri pupuk supaya subur
Tanamkan benih dengan teratur
Jagungnya besar lebat buahnya
Tenu berguna bagi semua
Cangkul cangkul aku gembira
Menanam jagung di kebun kita
https://www.youtube.com/watch?v=KJ7d703s9QE

20
Saya mau tamasya berkeliling-keliling kota
Hendak melihat-lihat keramaian yang ada
Saya panggilkan becak
Kereta tak berkuda
Becak becak tolong bawa saya
Saya duduk sendiri sambil mengangkat kaki
Melihat dengan pasti
Ke kanan dan ke kiri
Lihat becakku lari
Bagaikan tak berhenti
Becak becak jalan hati-hati

21
Naik andong ting tong
Roda empat ting tong
Naik andong istimewa
Keliling kota di Surabaya
Lontong balap jangan lupa

22
Naik kereta api tut tut tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo kawan kulekas naik
Keretaku tak berhenti lama

23
Kupu-kupu yang lucu kemana engkau pergi
Hilir mudik mencari
Bunga-bunga yang kembang
Menari-nari pada ranting yang lemah
Tidakkah sayapmu
Merasa lelah

24
Balonku tiga warnanya
Terlepas di tiup angin
Terlepas warna yang biru
Balonku tinggallah dua

25
Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau kuning kelabu
Merah muda dan biru
Meletus balon hijau
Dor!
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat kupegang erat-erat

26
Pepaya mangga pisang jambu
Dibawa dari pasar minggu
Di desa banyak penjualnya
Di kota banyak pembelinya

27
Aku tukang pos rajin sekali
Surat kubawa naik sepeda
Siapa saja aku datangi
Tidak kupilih
Miskin dan kaya
Kring kring pos

28
Nenek moyangku orang pelaut
Gemar mengarung luas samudera
Menerjang ombak
Menempuh badai sudah biasa
Angin bertiup layar berkembang
Ombak berdeburdi tepi pantai
Pemuda berani
Bangkit sekarang
Ke laut kita beramai-ramai
https://www.youtube.com/watch?v=qmNo3RvqdyU

29
Ambilkan bulan Bu
Ambilkan bulan Bu
Yang selalu bersinar di langit
Di langit bulan benderang
Cahayanya sampai ke bintang
Ambilkan bulan Bu
Untuk menerangi tidurku yang lelap di malam gelap

30 (Jangan takut gelap)
Hai kawan jangan takut jangan resah
Bila nanti kamar mulai dipadamkan
Kukan selalu menyanyikan lagu ini
Hingga nanti kau tidur berselimut mimpi
Jangan lupa kita esok punya janji
Semakin cepat kita tidur
Semakin cepat kita bertemu kembali
Berdoalah sebelum kita tidur
Jangan lupa cuci kaki tanganmu
Jangan lupa doakan Mama Papa kita
Berdoalah sebelum kita tidur
Jangan lupa cuci kaki tangnmu
Jangan lupa doakan Mama Papa kita
Jangan takut akan gelap
Karena gelap melindungi diri kita dari kelelahan
Berdoalah sebelum kita tidur
Jangan lupa cuci kaki tangnmu
Jangan lupa doakan Mama Papa kita

31.
Bunga nusa indah berwarna merah
Tumbuh di halaman depan rumahku
Warna merah jambu kesayanganku
Bunga kesayanganku nusa indah

32.
Kelinciku-kelinciku
Kau manis sekali
Melompat kian-kemari
Berlari-lari
Aku ingin menemani
Sepulang sekolah
Bersamamu lagi
Berlari-lari


Sementara sampai sini dulu, nanti kalau ingat lagi akan ada bagian selanjutnya. Ja matta~

Comments

  1. Mbak, saya lagi nyari lagu nomor 7 di internet. Ketemunya di sini. Saya penasaran not lagunya, penciptanya siapa gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak, terima kasih sudah mampir. Lagu Bunga Dahlia dulu sempat jadi lagu wajib buat lomba nyanyi zaman SD, yang mana 17 tahun lalu. Kalau kata mamaku, itu ciptaan Pak Dal. Nadanya saya paham, kalau chordnya saya ga bisa cari nih. Maaf ya, kurang memuaskan jawabannya. 😁😁

      Delete
    2. OOhh... pernah ya jadi lagu lomba nyanyi... baru tahu malah. Saya tuh tahu lagu itu dari guru SD saya, dan itu sekitar tahun 1986. Sudah tua ya saya hehehe... Gapapa, kita cari lagi notnya pelan-pelan

      Delete

Post a Comment

Menulislah selagi mampu

Tidak Ada Salahnya Tertarik Bahan Bacaan Lain ��