Kerja: Seleksi di PT. Rank Media Teknologi

Hayo, pada tahu nggak ini perusahaan apa? Pertama kali apply di sini aku cuma tertarik dengan posisi yang dibutuhkan. "Content Writer" cuiii...  hm, ya! Aku merasa memenuhi kualifikasi aja waktu itu. Makanya Pe-De buat gabung dan ngelamar via email. Oh ya, prosesnya menurutku gak lama dari aku lamar lewat email sampai ada panggilan interview. Waktu itu di akhir Juli, iya awal pandemi, dan ada panggilan wawancara ke Sidoarjo. Kantor dari perusahaan ini. 

Setelah siangnya dapat kabar buat besok supaya wawancara, aku baru mencari tahu apa itu PT. Rank Media Teknologi? Wah.... sayang sekali waktu itu, akun websitenya sedang under construction. Jadi aku gak bisa cari tahu lebih dalam. Eittsss... tapi akun IGnya lumayan up to date. Jadi masih bisa dilihat kegiatan selama perusahaan berdiri. 

Perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan dan operasional iklan web, (ee... bisa juga disebut digital marketing kali ya)... ini waktu aku datang ke kantornya, karena kantornya agak gak kelihatan dan menjorok dari jalan raya membuatku beberapa kali memutari jalan Jenggala sambil melihat angka di depan bangunan. Sebetulnya petunjuk di email yang mengatakan ada di samping Indomaret itu memang betul tapi kurang detil dan membuatku harus lebih teliti menggunakan mataku waktu itu mengamati nomor bangunan. Selain itu, tempat kerjanya cozy, karyawannya ramah, bahkan pelamar kerja dapat minum dan makanan ringan. 

Tes yang dilakukan pertama kali untuk semua pelamar adalah kecepatan mengetik. Oh ya, dalam persyaratannya tedapat kualifikasi harus dapat mengetik 10 jari. Nah, itulah yang dibuktikan pada tes sesi pertama yang dibagi menjadi 6 orang (hmmm atau aku lupa mungkin sampai 10 orang) dalam 1 kelompok. Aku kebagian dipanggil pada kesempatan pertama. Dibantu oleh mbak-mbak yang bertugas kami diantar menuju ruang yang memiliki banyak sekali komputer. Wkwkwk yah, namanya perusahaan digital marketing ya. Tugasnya ya bantu client promosi produk lewat kecanggihan teknologi digital nah sarananya ya tentu saja komputer. 

Ternyata perusahaan tersebut menggunakan tes mengetik dengan Bahasa Inggris yang diakses melalui web. (Kalau mau tahu tesnya kayak apa? Coba aja klik di sini). Kita diberi kesempatan 2 kali buat mencoba. Tapi aku tidak mencobanya lagi merasa sudah cukup. Hmm... bisa dibilang kecepatan rata-rata mengetikku tidak di bawah standar dan cukup normal waktu itu. Tapi sepertinya kandidat lain ada yang lebih dari itu. Wkwkwk di atas langit memang masih ada langit, Shan!. Alasanku untuk tidak mencoba kedua kalinya adalah karena tingkat koreksi kata milikku tinggi, tapi sekali lagi aku pun tak tahu kriteria yang diambil apakah hanya kecepatan atau dengan tingkat salah ketik yang minim juga. 

Setelah tes tulis, kami dipanggil satu per satu untuk wawancara (tapi gak mendalam, emang mau studi kualitatif? hehehe). Ya Tuhan, rumahku paling jauh di antara kandidat yang hadir, malah aku yang dipanggil terakhir buat wawancara. Ya sudah, pada akhirnya karena bosan aku mengajak kandidat lain mengobrol mulai dari nanya dari mana, pernah kerja dimana, sampai fandomnya apa? Kemudian juga kita sempat tukar kontak instagram dan WA. Wah, duniaku hari itu rasanya senang. Aku merasa terhibur oleh orang-orang. Notabene saat itu aku mematuhi prokes buat lebih baik #dirumahaja dan hari itu akhirnya keluar kandang, dengan kepentingan loh ya: wawancara kerja. 

Tiba giliranku. Aku tahu si penanya juga manusia. Aku tahu mereka sudah capek bertanya. Sehingga saat itu aku diberi perintah untuk bercerita mengenaiku, kegiatanku selama di rumah, dan apa yang kamu ketahui tentang PT. Rank Media Teknologi oh ya, sekalian kenapa mau bekerja di situ?. Setelah semuanya terjawab, aku juga sempat ditanyai masalah gaji yang diinginkan, mau kos atau PP dari sini ke rumah (hhh lumayan lah kalo PP, tapi ada bis siih). Terus aku sempat kasih kritik dan saran tentang webnya, dan kenapa under construction, aku juga nanya budaya kerja perusahaannya gimana, nilai-nilai apa yang dikembangkan. Kalau hal-hal lain masalah perusahaannya karena hari itu ada 3 penanya, salah satu dari mereka bertugas presentasi padaku tentang perusahaan. Sebetulnya sudah paket komplit hari itu. Cuma sayang, setelah wawancara dan bilang "ditunggu kabarnya 2 minggu lagi ya" aku tidak mempercayai kata-kata itu. Yah, alias aku gak keterima kerja di PT. Rank Media Teknologi. Hehehe sudah biasa ditolak. Pasti ada yang lebih baik. 

Aku tetap bersyukur dipanggil wawancara ke PT. Rank Media Teknologi pasalnya aku mendapatkan teman baru, yang kurasa secara tidak langsung sama-sama memaknai cari kerja ini dengan saling bantu, dan itu berlangsung sampai sekarang. Makasih ya!  

Comments

  1. hai kak! aku kebetulan juga mau interview di Rank Media Teknologi ini. aku boleh tanya, nggak, pas test tulis apa aja pertanyaannya? terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for late response.. karena jarang banget bukain komen, Kak. Kalau masih mau nanya-nanya lagi, aku bisa direach lewat email ya: shanticarum@gmail.com

      Delete

Post a Comment

Menulislah selagi mampu

Tidak Ada Salahnya Tertarik Bahan Bacaan Lain ��