Untuk Semesta: Sudah Berumur untuk Dikatakan Muda

Memerdekakan

            Peringatan 70 tahun Indonesia merdeka dengan “Ayo Kerja” merupakan penanda jangan berharap dengan bertambahnya usia memaksimalkan sesuatu, mengusahakan hal yang ingin dicapai, mencari penghidupan yang layak jika hanya melalui mulut yang berbicara tanpa tindakan mendapat hasil yang kau harapkan.
            Sayapun hanya berkoar-koar di sini, mengharap setitik perhatian lain dari pembaca setia. Lalu, mungkin pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah “Dengan apa aku melakukan rasa bebas merdeka ini dengan semangat ayo kerja?”. Bingung. Namun kebanyakan dari anak muda yang katanya mulai ngerti apa yang diharapkan bangsanya tumbuh menjadi sedikit perhatian. Sekedar memberi ucapan Dirgahayu Indonesiaku di kronologi facebook, timeline twitter, beranda line atau status BBM.
            Perhatian kecil anak muda zaman sekarang tertuang dalam berbagai macam media sosial yang mereka punya. Sedangkan perhatian yang benar-benar nyata dalam kehidupan kelihatannya sedikit terabaikan. Saya beri contoh tindakan apa yang sepertinya jauh dari kata hidup yang layak di tanah yang (katanya) merdeka. Sebagai mahasiswa saja bahkan kita masih sering terlambat untuk pergi ke kelas, tak usah jauh-jauh terlambat, dalam benak sebenarnya selalu mengharapkan ketidakhadiran dosen dalam kelas, atau bahkan masih saja memerdekakan teman tanpa peduli memerdekakan diri sendiri atas nama kebersamaan dan pertemanan (titip absen). Masih banyak lagi sebenarnya tindakan-tindakan kecil yang belum bisa mencapai kata bebas dari belenggu namun begitu sangat tak dirasa oleh kita.
             “Ayo Kerja” (!) menjadi bagian terseru dalam merdekanya bangsa ini. Dengan meningkatnya pendidikan (pada survei versi departemen pendidikan), kualitas sumber daya manusia harusnya juga meningkat. Dengan hasl seperti itu, diharapkan perlakuan-perlakuan kecil tak berguna dalam mencapai kemerdekaan yang sesungguhnya dapat dikurangi dan diganti dengan perlakuan-perlakuan kecil yang positif bagi kemajuan bangsa ini. Anak muda punya jiwa muda yang membara, Indonesia mengharapkan kehadiran tuan dan nona sekalian dalam kebebasan yang sejati. Ayo Kerja Anak Muda J 


  

Comments

Tidak Ada Salahnya Tertarik Bahan Bacaan Lain ��