(Resume) Global Kinship: Anthropology and the Politics of Knowing - Michael Herzfeld


      Dalam tulisan ini dipaparkan tentang proses yang terjadi pada antropolog kebanyakan yang sedikit demi sedikit merasa bahwa mempelajari kekerabatan menjadi hal yang membosankan, karena dipelajari terus-menerus. Namun sayangnya, perhatian akan hal tersebut hanya dicari intinya saja oleh para antropolog sehingga dalam penerapan di kehidupan masyarakat mengolah pula kesetiaan antropolog dengan materi kekerabatan ini yang banyak hubungannya pula dengan materi lain khususnya gender, sebagai pembahasan mata kuliah ini.
            Globalisasi tak hanya membawa dasar-dasar dari kehidupan kita pada hal yang mengglobal. Kekerabatan dan gender pun sebagai isu yang diangkat dalam tulisan ini bersifat mengglobal. Artinya, manusia yang satu akan mengetahui dan saling tahu-menahu tentang hal tersebut. Gentingnya isu in ialah pada seberapa tahu, diketahui, dan mengetahui masyarakat awam dengan isu tersebut sehingga mereka mampu mereproduksi kekerabatan dan gender dalam praktik kehidupan.  Contoh-contoh dari wanita Filipina yang beristrikan orang Jepang, atau meloncat lagi ke daerah Thailand yang terkenal dengan pelacurannya dan dilegalkan oleh orang tua terutama bapaknya, hal ini berkaitan dengan sistem patrilineal di Thailand sendiri yang menghendaki lelaki berkuasa di atas wanita. Pula yang berhubungan dengan pembagian warisan dalam dunia orang Yunani, dan masih banyak lagi. 
            Pada contoh-contoh yang disebutkan di atas tentunya bukan hanya membawa kebaikan saja, namun juga membawa pada tindak kekerasan dan konflik. Sering konflik yang terjadi pada masyarakat dengan kontruksi kekerabatan dan gender yang kuat ini ialah konflik dimana masa lalu masih belum diakui sebagai identitas yang mengakibatkan dibutuhkannya pelayanan jasa yang benar-benar dapat menjelaskan sejelas-jelasnya di mata masyarakat terutama pada pihak penguasa terhadap pentingnya kekerabatan ini sehingga, kerja antropolog sebagai penerima materi kekerabatan dalam dunia kekerabatan perlu dipompa lagi.

Sumber:
Herzfeld, Michael.  2007. Global Kinship: Anthropology and the Politics of Knowing. The George Washington University Institute for Ethnographic Researc h : Anthropological Quarterly,Vol. 80, No. 2.



Sumber: https://docs.google.com/document/d/1xN8sEBAadrZgyiEbTgtsQ1nchWM6MHSFFEmkMN4FNqU/edit?hl=en_US . Diakses pada 10 Maret 2016 pukul 20:08

Comments

Tidak Ada Salahnya Tertarik Bahan Bacaan Lain ��