Berkebun : Ekstra Sabar

Aku galau akhir-akhir ini. Kepikiran terus sama tanaman kecilku yang tiba-tiba layu dan kalau dicabut akarnya sudah hilang. Pun di bagian akar itu berwarna kehitaman. Mulai dari pokcoy, selada, sampai yang hari ini ku temukan tidak sehat adalah bayam. Baik yang merah maupun bayam hijau. 
Akhirnya karena tak tahu harus berbuat apa dulu, aku memutuskan untuk menanyakan pada orang yang tepat. Iya, siapa lagi kalau bukan Devika. Makasih banyak pengetahuannya, semoga terserap menjadi ilmu yang bermanfaat. 
Sebenarnya aku sudah kepikiran mungkin karena hujan beberapa waktu lalu, atau terlalu panas, atau bahkan mungkin karena terlalu banyak disiram, tapi ya terjawablah sudah setelah melakukan percakapan dengan Devika tadi pagi. 

Kalo diperbesar, sebetulnya ini ada dua benih yang tumbuh. Iya, yang satu layu seperti yang ku katakan. 

Seperti judulnya, bayam merah itu terkantuk tapi tak bisa bangun sendiri lagi. Sedih :( 

Penampakan yang tak bisa lagi bangun dengan kaki sendiri

Dari dialog di atas, aku sadar mediaku terlalu basah dan tidak baik bagi perkecambahan. Selain itu media yang cuma pupuk kandang harus segera kuganti karena ternyata gak terserap baik unsur-unsur bermanfaatnya bagi pertumbuhan tanaman. Mari mengubah sedikit tatanan, kemudian memerhatikan betul yang butuh banyak sinar matahari, perkecambahan yang tak butuh banyak sinar matahari, juga takaran air atau air cucian beras. Jia you.

Betul, menanam dari biji ini seperti merawat anak dari bayi. Prosesnya yang dinikmati, bukan hasilnya. Dilaluinya harus ekstra sabar, kalau mau metik hasilnya tidak bisa sembarang dilalui dengan sembarangan juga. Harus ekstra sabar, kalau kata keponakanku 'tanaman juga punya perasaan' yang harus kita perhatikan betul supaya memetik hasil yang baik. Kemudian aku membayangkan zaman berburu dan meramu, sebelum ditemukan sistem alat produksi untuk bercocok tanam. Mereka sangat-sangat sabar akan proses kehidupan ya.  

Mini kebunku yang sudah lebih teduh dari pertama pindah karena diberi paranet di atasnya. Alhamdulillah ya, sudah mulai kelihatan hijau-hijaunya. 



Comments

Tidak Ada Salahnya Tertarik Bahan Bacaan Lain ��